Site Overlay

Tips memberbaiki remote ac yang rusak

Remote AC yang rusak merupakan hal yang paling sering terjadi pada setiap orang. Pada umumnya faktor yang paling sering dialami oleh banyak orang adalah tidak bekerjanya remote AC.

Jika hal ini terjadi, maka akan sangat mengganggu karena unit AC tidak akan bisa menyala. Kalaupun akan menyalakan AC secara manual, dalam pelaksanaannya akan cukup sulit karena posisi tombol berada di dalam unit ac dan biasanya berada dalam ketinggian sehingga memerlukan alat bantu seperti tangga untuk melakukannya.

Apakah memperbaiki remote AC yang rusak sulit untuk dilakukan? sebenarnya tingkat kesulitan dalam perawatan unit AC tergantung dari penyebab kerusakan dari remote AC itu sendiri. Berikut ini adalah tips untuk memperbaiki remote AC yang tidak bekerja.

  1. Jarak remote dengan unit AC
    Jika Anda mengarahkan remote control ke unit AC dan menekan tombol tanpa respons, Anda mungkin tidak cukup dekat dengan unit. Beberapa unit memerlukan jarak sensor jarak jauh minimal 20 kaki. Berjalan lebih dekat ke unit dan coba perintah lagi. Jika ada perabotan di depan unit atau di depan antarmuka unit, pindahkan furnitur dari jalan. Sensor pengendali jarak jauh, yang berada di ujung kendali jarak jauh, harus memiliki jalur yang jelas ke sensor pada antarmuka unit. Periksa sensor pada kendali jarak jauh dan AC. Jika sensor memiliki kotoran atau kotoran pada mereka, kotoran mungkin mencegah sinyal remote control diterima. Bersihkan sensor dengan kain lembab.
  2. Kondisi baterai remote dan pemasangan baterai
    Jika pengendali jarak jauh cukup dekat dan mengarah ke unit tetapi masih gagal beroperasi, baterai di dalam kendali jarak jauh mungkin terlalu lemah untuk mengoperasikan alat – bahkan jika lampu jauh menyala ketika Anda menekan tombol. Matikan remote control dan geser penutup belakang. Lepaskan baterai dari kendali jarak jauh dan uji baik mereka dengan tester baterai atau masukkan baterai baru. Konfirmasikan dengan panduan pengguna bahwa Anda menggunakan jenis dan ukuran baterai yang benar.┬áJika baterai baru gagal membuat fungsi remote control, mereka mungkin tidak dipasang dengan benar. Di dalam ruang baterai di bagian belakang kendali jarak jauh tercetak atau timbul simbol “+” dan “-” dan mungkin garis besar baterai. Instruksi ini menunjukkan cara memasukkan baterai. Jika Anda memasukkan baterai dengan cara selain dari yang ditunjukkan, remote control tidak akan berfungsi. Lepaskan baterai dan masukkan kembali sesuai dengan arah polaritas di dalam kompartemen baterai. Jika baterai dimasukkan dengan benar tetapi AC masih tidak menerima perintah dari kendali jarak jauh, mungkin ada kotoran atau penyumbatan yang mencegah remote control berfungsi dengan benar. Keluarkan baterai dari dalam ruang dan periksa kontak logam dari ruang baterai. Jika Anda melihat kotoran pada kontak, bersihkan dengan kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol isopropil. Bersihkan kotoran dari baterai juga.
  3. Kondis Sensor remote
    Lampu LED yang tidak berfungsi pada ujung remote control mungkin merupakan penyebab kerusakan remote control. Lampu LED mengirimkan sinyal perintah ke sensor pada antarmuka unit AC. Jika pengendali jarak jauh jatuh ke tanah atau anjing menggigitnya di tempat yang tepat, LED mungkin terlepas dari komponen internal lain di dalam remote control. Anda dapat menggunakan kartu sensor inframerah untuk menentukan apakah remote control mengirimkan sinyal dengan benar dari LED. Jika kartu gagal merespons perintah remote control, maka LED rusak dan Anda harus mengganti remote control atau memperbaikinya.

Demikian beberapa tips untuk memperbaiki remote AC yang rusak. Jika setelah anda membaca tips ini dan tetap mengalami kesulitan dalam melakukan perbaikan remote uni ac, jangan sungkan untuk segera menghubungi kami sekarang juga!

CV Inti Teknik Jakarta
Telp/WA : 081285793811
Email : teknikintijaya@yahoo.com

garansi-service-ac-jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *